Tips-Memilih-Saham-Untuk-Pemula

Tips Memilih Trading Saham Untuk Pemula

Investasi merupakan hal yang penting untuk mendapatkan keuntungan untuk menunjang keuangan yang lebih baik. Saat ini sudah banyak jenis investasi yang bisa digunakan oleh para investor, salah satunya saham.

Banyak jenis saham yang ada di dunia yang bisa Anda tradingkan. Namun sebelum terjun ke dunia trading Saham, wajib mengetahui saham apa saja yang bagus.

Tips Memilih Trading Saham

Kali ini akan dijelaskan bagaimana tips memilih trading saham untuk pemula. Berikut merupakan beberapa tips trading untuk pemula.

1. Pilih Saham Dari Perusahaan yang Konsumtif

Sebelum Anda berinvestasi, alangkah lebih baiknya untuk memilih saham yang tepat dari perusahaan konsumtif. Dalam hal ini, Anda pilih perusahaan yang memproduksi banyak pilihan macam produk kebutuhan pokok manusia. Selain itu juga perusahaan tersebut memiliki produk yang paling banyak dibeli.

Sebagai contoh, Anda bisa memilih saham perusahaan produk makanan karena memproduksi makanan untuk manusia, dimana makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Lalu, Anda juga bisa memilih saham dari perusahaan farmasi dan obat-obatan.

Sebagai informasi, bahwa selama pandemic, harga saham dari perusahaan konsumtif  bisa melonjak naik. Hal ini bisa memberi keuntungan tersendiri bagi Anda yang memilih saham dari perusahaan konsumtif.

✅ TRENDING:  Cara Main Saham Online yang Aman

2. Pilih Saham Dari Perusahaan Keuangan

Selain memilih saham dari perusahaan konsumtif, Anda juga dapat memilih saham dari perusahaan keuangan. Contohnya, Anda bisa memilih saham bank BCA, BUMN atau bank Mandiri.

Jika Anda memilih saham yang bagus dari perusahaan yang tepat, maka proses trading saham Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Anda juga tidak perlu ragu untuk mengeluarkan uang investasi dengan nilai yang besar.

Perusahaan keuangan memang menjanjikan kualitas saham yang bagus untuk trading. Oleh karena itu, memilih saham dari peruhaan keuangan adalah hal yang tepat dan cocok sekali terutama bagi Anda yang masih pemula.

3. Menentukan Indeks Saham

Perlu diketahui bahwa di BEI atau Bursa Efek Indonesia telah tercatat sebanyak 22 jenis indeks saham. Anda perlu mengenali apa saja jenis-jenis saham terutama untuk trading.

Anda bisa memilih jenis LQ45 ataupun IDX30 yang bisa mempunyai likuiditas tinggi. Selain itu juga telah didukung oleh kualitas perusahaan-perusahaan yang terpercaya.

✅ TRENDING:  Aplikasi Investasi Saham

Jenis LQ45 adalah indeks pasar saham di BEI yang terdiri dari 45 perusahaan. Sementara itu, IDX30 merupakan indeks saham sebanyak 30 yang memiliki likuiditas tinggi. Jadi, sebelum melakukan investasi trading saham, sebaiknya Anda ketahui cara memilih saham trading ini.

4. Memilih Sekuritas yang Sesuai

Tips memilih saham selanjutnya adalah memilih sekuritas yang sesuai. Saat Anda membeli saham dari suatu perusahaan, maka Anda akan menggunakan perantara perusahaan sekuritas, atau berupa broker saham yang dalam hal tersebut mewajibkan adanya biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Biaya transaksi dalam hal ini adalah biaya untuk pembelian dan penjualan saham. Nantinya biaya ini akan menjadi sumber pendapatan dari perusahaan broker saham yang terkait. Jadi, jangan lupa untuk memilih sekuritas yang sesuai untuk saham Anda.

Pilih sekuritas yang memberikan persentase biaya yang lebih rendah, sebagai contoh Anda bisa emmilih 0,20% dari total pembelian saham perusahaan. Hal ini dilakukan agar Anda dapat meraih keuntungan yang optimal dan untuk dapat memastikan cara trading saham Anda benar.

✅ TRENDING:  Jenis-Jenis Saham

5. Merencanakan Periode Trading

Anda perlu mengetahui bahwa ada dua cara trading saham yang dapat dilihat berdasarkan masa periodenya. Terdapat dua masa periode trading saham yaitu jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk periode jangka pendek, risiko kerugian yang didapat memang lebih besar, tetapi masih ada peluang profit yang bisa didapatkan oleh Anda dengan lebih cepat.

Sementara itu, untuk masa periode jangka panjang, Anda bisa mendapat peluang profit yang lebih besar. Namun, hal tersebut juga apabila saham mempunyai reputasi, fundamental dan kinerja yang baik.

6. Menentukan Tujuan

Berikutnya, Anda harus menentuka ingin menjadi trader atau investor sebelum bermain saham. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa trader memiliki tujuan mencari keuntungan. Sementara itu, investor mengnggap ketika harga indeks saham turun, maka hal tersebut adalah masa yang tidak tepat untuk membeli saham.

Oleh sebab itu, tentukan juga tujuan Anda melakukan investasi saham. Sekian informasi mengenai tips memilih trading saham untuk pemula. Diharapkan Anda bisa memainkan saham dengan bijak dan sesuai dengan kapasitas Anda.

Check Also

Aplikasi-Investasi-Saham-Terdaftar-OJK

Aplikasi Investasi Saham

Jika ANda ingin berinvestasi dalam dunia saham, Anda cukup install aplikasi investasi saham tersebut di …